Friday, September 13, 2013

Wisata di Pulau Panjang


Berwisata di pantai Kartini Jepara? Masih kurang lengkap jika belum pergi ke sebuah pulau kecil di sebelahnya. Pulau Panjang Jepara. Sebuah pulau kecil di sebelah barat pantai Kartini Jepara yang masih terjaga keasriannya. Pulau kecil dengan bentuk agak memanjang ini telah lama dibuatkan jalan mengelilingi pulau. Jalan panjang mengelilingi pulau dari bahan paving blok itu membuat warga sekitar pulau Panjang menyebut pantai ini dengan nama GILI DOWO (jalan panjang). Pulau ini termasuk kecil. Luasnya hanya 19 hektar. 
Terumbu karang alami di pulau Panjang Jepara

Jarak pulau Panjang dan pantai Kartini cukup dekat. Sekitar 2.5 km saja. Hanya  butuh waktu 5-20 menit jika mengendarai angkutan perahu resmi pulau Panjang. Perahu yang sampai sekarang disebut dengan perahu Sapta Pesona. Ongkos yang dikenakan pun termasuk murah. Ongkos PP perahu ke pulau Panjang Rp 11.000,- dan kita boleh seharian di sana. Bermain dengan pasir putih dan ombak yang bersahabat di sisi timur pantai, atau blusukan ke sudut pantai lain untuk menikmati indahnya dahan pohon yang dibentuk alam. Selain pasir putih, di pulau panjang juga terdapat hutan tropis cukup lebat. Tercatat ada aneka jenis pohon di sana. Jenis pohon di pulau Panjang adalah pohon kapuk, asam Jawa, randu, dadap, pinus, serta pohon lainnya. Rata-rata pohon di sana berukuran besar. Di sela-sela pohon juga dipenuhi dengan semak perdu. Aneka pohon dan perdu ini menopang kehidupan ratusan burung blekok/kuntul putih. 
Burung kuntul/blekok di pulau Panjang Jepara
 Di bagian utara pantai sampai barat, ada aneka terumbu karang liar. Pada dasarnya pulau panjang dikelilingi terumbu karang yang indah. Perlengkapan snorkling wajib dibawa jika ingin menikmati pemandangan elo terumbu karang di pulau Panjang.

Pulau Panjang di masa sekarang juga merupakan tempat ziarah Syeh Abu Bakar. Sudah ada tempat ziarah dan masjid serta fasilitas toilet yang memadai di pusat pulau. Banyak warga yang datang berziarah di sini. Pada bulan-bulan tertentu, transportasi ke pulau Panjang digratiskan bagi peziarah. Sayang penulis kurang paham pada bulan apa. Mari lupakan sejenak transportasi gratis menuju pulau Panjang. Karena tarif Rp 11.000,- termasuk murah untuk menikmati indahnya pulau Panjang. Bermain seharian di sana, dan pulang membawa aneka kenangan.




19 comments:

  1. Semoga selalu tetap terjaga ke asriannya.

    Bahagia melihat kekayaan alam yang sungguh indah ini.

    Salam wisata dari kota Jember.

    ReplyDelete
  2. Owalah ini blognya baru to Mbk Sus.

    Tak kirain cuma tampilannya saja.

    Congrat ya... semoga makin sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ini blog baru. Blogsusindra mulai dipecah-pecah dan difokuskan artikelnya. Terima kasih ya sudah kemari.

      Delete
    2. Hahaaa, masuk ke blog ini serasa mandi di kolam renang.

      Biru dan menenangkan..

      Delete
  3. Mbak, pulau panjang ada taman mangrove nya ya ? Sepertinya tempatnya indah dan nampak sri dan alami.


    Salam wisata

    ReplyDelete
  4. Pingin naik perahunya, keliling2. . .:)
    Saya belum pernah ke Jepara. Pingiiin. . . ^_*

    ReplyDelete
  5. Waaahhh... ini yang membuat ane semakin cinta dengan Indonesia, beragam tempan wisata yang alami dan mempesona... mudah2an bisa segera mampir kesana.. amin... :D

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

    ReplyDelete
  6. indah sekali pemandangannya... sewaktu2 mungkin bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  7. Indonesia memang kaya akan tempat wisata yang indah..

    ReplyDelete
  8. Mbak, itu pemandangan burung kuntulnya bagus, deh

    ReplyDelete
  9. udah pernah tapi cuma ngelewatin doang

    ReplyDelete
  10. burung blekok-nya banyak... saya jarang melihat blekok..
    pulau yang indah

    ReplyDelete
  11. Aaaahh...aku selalu mutung klo inget ga jadi ke KarJaw tempo hari itu mbak Sus, pdhl bisa mampir ke sini jg kali ya :(

    ReplyDelete
  12. Senengnya bisa liat burung-burung kuntul ya. Andaikan aja bunda bisa ke Jepara.........

    ReplyDelete
  13. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Mbak Susiii...pa kabar?? Awal bln depan rencana kami mau jalan2 ke JOP & P Panjang nih.. Oya, tempat wisata dekat situ apa lagi ya mbak?

    ReplyDelete

Popular Posts

Blogger templates

Susindra

My photo

Susi Ernawati Susindra, blogger, content writer, marketer & mom of 2 boys.

You can contact me at suzy1209@gmail.com or WA: 085293310666

Powered by Blogger.

Google+ Followers