Wednesday, September 25, 2013

Festival Memeden Gadu 2013 di Jepara

Tanggal 29 September 2013 nanti, di Jepara ada acara tradisional bernama Festival Memeden Gadu. Lokasinya di desa Kepuk Bangsri Jepara. 

Festival Memeden Gadu atau bahasa Indonesianya Festival Hantu Sawah adalah tradisi mengarak Memeden Sawah ( di sini disebut memeden gadu) keliling desa dengan harapan desa terbebas dari hama perusak tanaman serta masyarakat diingatkan adanya tradisi tempo doeloe. Festival Memeden Gadu diadakan di desa Kepuk karena pertanian di desa ini sangat potensial. Dengan area persawahan desa seluas 266 hektare. Rencananya, festival Memeden Gadu 2013 ini akan diadakan pada tanggal 29 September 2013 di lapangan Warung Mbolem. Acara dimulai jam 8 pagi sampai selesai.

 
Istilah memedi gadu muncul karena memedi sawah ini muncul di luar musin tanam padi (yang disebut gadu). Sebagaimana diketahui bahwa musim tanam padi para petani biasanya di musim Rendeng atau musim penghujan. Setelah panen akan langsung lanjut ke tanam padi kedua, sehingga total ada 2 x musim tanam. Beberapa petani setempat yang berada di dekat sumber air biasanya menamam padi kembali di musim tanam ketiga, yaitu di musim kemarau. Musim tanam di bulan kemarau ini disebut GADU. Karena musim tanam tidak bersamaan, maka pemilik  sawah membuat memedi sawah gadu yang disingkat memedu. Dari sinilah muncul istilah memedi gadu atau memeden gadu.

Festival Memeden Gadu 2013 ini bekerja sama dengan Rumah Belajar Ilalang yang akan mengadakan aneka lomba Dolanan Bocah. Dolanan bocah atau permainan anak-anak tradisional yang dilombakan adalah Dolanan Gobak Sodor, Dolanan Dam-daman, Dolanan Dakonan, Dolanan Setinan, Dolanan Egrang. Dan puncaknya menjelang sore hari diadakan Kirab Kreasi Orang-Orangan Sawah (Memedi Sawah). Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Informasi: 08979086222 (hasan), 085292138517 (waluyo).
Festival Memeden Gadu ini bukan hanya sebagai pegingat tradisi masa lalu dan pesta lomba tradisi tempo dulu. Festival Memeden Gadu juga merupakan acara sedekah bumi warga. Sebagaiungkapan rasa syukur pada apa yang telah diberikan bumi pada para petani. Festival yang digagas pertama kali kala Jepara dipimpin oleh Bupati Hendro Martojo ini juga bisa menarik minat wisatawan luar Jepara jika digarap dan dipromosikan secara serius. Bukan hanya karena keunikan festival ini, tetapi juga aneka acara pendukung yag selalu bernuansa tradisi tempo doeloe. Sebagai contoh, pada Festival Memeden Gadu 2012, diadakan pameran seni dan kerajinan tempo doeloe yang terbilang sukses dan menggandeng para seninan luar Jepara juga. Dan di tahun 2013 ini digarap lebih serius lagi dengan mengadakan aneka lomba dolanan anak yang sudah banyak menghilang. Anak jaman sekarang sudah tidak banyak mengenal dolanan-dolanan lawas yang pernah saya mainkan kala kecil itu. Dan dengan adanya lomba dolanan anak, diharapkan ada minat anak-anak Jepara untuk mengenal dan memainkan dolanan tempo dulu itu. Usaha yang bagus dan patut di dukung.

Puncak acara Festival Memeden Gadu adalah Kirab Memedi Sawah pada pukul 3 sore. Rute kirab adalah di jalan perkampungan setempat. Tak kurang 100 peserta ikut arak-arakan memedi sawah ini. Ada yang mengusung-mengarak memedi sawah, banyak pula peserta yang mengubah dirinya menyerupai memedi sawah dengan memanfaatkan jerami. Seperti biasa, setiap kirab atau karnaval, selalu ada peserta yang mengenalkan seni Barong dan Kuda Lumping. 2 kesenian ini seperti wajib ada sejak saya kecil dulu. Barongan adalah sosok yang palng dicari, ditunggu, dan ditakuti para penonton kirab. Nonton Festival Memeden Gadu di Jepara Minggu depan yuuk…. 4  hari lagi loh… inga’… inga’….

8 comments:

  1. Pasti menarik nich acaranya
    Mainan anak-anak jaman dulu sudah banyak yang dliupaka karena semakin membanjirnya mainan plastik yang banyak di jual di toko ya jeng.
    Seoga sukses acaranya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. InsyaAllah minggu nanti saya nonton, pakde. lokasinya cukup jauh.

    ReplyDelete
  3. Festivalnya keliatannya menarik, ya, Mbak. :)

    ReplyDelete
  4. , salam perkenalan. Silahkan berkunjung ke web kami , kami tawarkan vcd interaktif untuk anak-anak, mungkin anda mempunyai anak/adik / keponakan yang masih kecil, silahkan dilihat lihat dahulu, Ini sangat bagus untuk mendidik dan membangun karakter anak sejak dini, semoga bermanfaat dan semoga anda tertarik. Mohon maaf bila tdk berkenan. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. kunjungan dibulan suci ramdhan, salam

    ReplyDelete

Popular Posts

Blogger templates

Susindra

My photo

Susi Ernawati Susindra, blogger, content writer, marketer & mom of 2 boys.

You can contact me at suzy1209@gmail.com or WA: 085293310666

Powered by Blogger.

Google+ Followers