#SelamanyaDJPU: Tips Aman Nyaman di Dalam Pesawat


H-8 lebaran. Bagi yang punya tradisi mudik, pasti sudah mulai berkemas. Sepakat atau tidak, lebaran memang yang paling ditunggu untuk melepas rindu. Waktu cuti yang panjang,THR, dan kesempatan bertemu hampir seluruh anggota keluarga besar menjadi alasan tradisi ini tetap lestari. Kapan lagi mendapat paket komplit di kampong halaman? Rasa-rasanya, mudik lebaran memang satu-satunya kesempatan yang bisa diambil bagi yang ingin bersilaturahmi secara komolit dalam satu perjalanan. Dan di atas semua itu, kebahagiaan dan ridho bapak ibu membuat saya, kamu dan kita kembali bekerja dengan lebih ringan. Alhamdulillah tahun ini kami sekeluraga akan mudik juga. Perjalanan lebih dari 1000 km tak menyurutkan rencana.












Mudik melalui jalur udara menjadi salah satu alternative yang disukai di Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini menjadi pilihan yang lebih digemari. Transportasi darat sedemikan ruwet dan rawan macet. Apalagi jika bepergian ke lain pulau. Meski ada transportasi laut, khusus bagi saya, lebih nyaman via udara. Anggapan ini diamini banyak calon penumpang dan calon pemudik. Makanya tak heran jika H-5 bandara tujuan domestik sudah padat pengunjung. Tahun ini, diperkirakan ada 5,5 juta pemudik yang menggunakan jalur udara melalui 35 bandar udara yang ada di Indonesia. Jumlah itu berdasarkan perkiraan kenaikan jumlah penumpang sebesar 10% dari jumlah pemudik tahun 2016. Makanya, Dinas Perhubungan mengkampanyekan budaya penerbangan yang #SelamatAmanNyaman#Selamanya.





Bagi sahabat yang baru pertama kali naik pesawat terbang, kamu bisa mengikuti tips aman nyaman di dalam pesawat. Mengapa itu penting? Karena behavior kita di dalam pesawat juga andil dalam kenyamanan dan keselamatan penerbangan. Saya pernah membaca berita dari grup #SobatAviasi milik Dirjen Perhubungan Udara atau DJPU, bahwa salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan calon penumpang adalah terlambat check in. Jumlahnya cukup besar. Tak sedikit calon penumpang yang akhirnya ketinggalan pesawat. Saran saya, sebaiknya menjadi anggota komunitas #SobatAviasi atau mengikuti media sosialnya di Facebook dan Instagram. Ada juga lomba #vlogcompetitionDJPU bertema di "Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan dalam Penerbangan." Ikut yuk....










Kembali ke aneka tips agar bisa aman dan nyaman dalam pesawat, berikut tips dari saya:


1. Pakai baju yang nyaman. Cirinya:


a. longgar


b. celana dan lengan panjang. Boleh juga celana panjang dan jaket.


c. bahan pakaian dari katun atau wol


d. sepatu nyaman tanpa hak. Paling bagus memakai snicker bertali.


e. bawa koper/ransel dengan warna mencolok agar mudah ditemukan.





Baju nyaman tak hanya membuat kita percaya diri, tetapi juga membuat perjalanan lebih nyaman.


2. Pesan tempat duduk di bagian ekor pesawat


3. Jika ingin melihat pemandangan, pesan bagian jendela





Dua tips di atas adalah tips yang paling sering saya dengar. Secara logika memang bisa dipertanggungjawabkan, meski jangan sampai menjadikan alasan batal beli tiket gara-gara keduanya tidak available. Hehehe.... Yakin saja bahwa 2 tips ini adalah bonus. Semua tempat duduk aman dan nyaman.


4. Titipkan bagasi yang berat saat check in, bawa keperluan darurat di tas yang lebih kecil.


5. Jangan berlama-lama menghalangi lorong saat menata tas di loker atas.


6. Bijaklah saat mengatur posisi sandaran duduk, agar tidak mengganggu penumpang lain.










Mengenai lorong bangku dan sandaran bangku. Hmm... kelihatannya sangat sepele, tetapi percayalah, ini sama pentingnya karena image-mu akan turun jika ada yang terganggu dan kamu tak segera menyadarinya. Orang Jawa menyebutnya, tepo sliro.







7. Bacalah kartu keselamaan yang ada di depan


8. Cari pintu darurat terdekat dan hitung berapa jumlah selisih tempat duduk atau jaraknya.


9. Dengarkan baik-baik penjelasan dan instruksi keselamatan dari pramugari


10. Selalu kenakan sabuk pengaman sepanjang waktu


11. Minimalisir kegiatan jalan-jalan di lorong kecuali hendak ke kamar kecil.





Penting sekali untuk memperhatikan 5 detail di atas. Screening cepat untuk mengenal keadaan dalam pesawat. Kebiasaan ini sangat bermanfaat dan hendaknya menjadi kebiasaan. Tak hanya saat naik pesawat terbang, tetapi setiap menaiki transportasi umum, baik darat, laut, maupun udada.





Mengapa kita perlu memahami tentang apa yang sebaiknya kita lakukan di dalam pesawat?


Selain keselamatan seluruh penumpang menjadi fokus bersama, juga demi kenyamanan kita sendiri. Sampai di rumah dengan selamat dan bahagia adalah dambaan semua orang. Alasan paling sederhana dari tips saya, selain keamanan dan kenyamanan diri sendiri, adalah manner atau kesopanan kita dalam bersosialisasi. Kita tentu tak mau dipandang sebagai penumpang urakan, ndeso, atau malah membuat jengkel hanya karena ketidaktahuan. Percayalah, naik pesawat membuat level ganteng dan cantikmu bertambah secara significant.





Mudik naik pesawat, yukkk…

Related Posts

4 comments

  1. Benar itu mbak, biar pun kalau anak kecil bosan yaaa...

    ReplyDelete
  2. Mauuu mudik naik pakai pesawat, biar level cantiknya naik hihihi

    ReplyDelete
  3. Tipsnya bermanfaat nih, sekalipun aku mudik gak peke pesawat, tapi ini tak ada salahnya digunakan ketika naik pesawat. Kemanapun itu :)

    Kalau aku naik pengen bisa di dekat jendela. Biar bisa lihat pemandangan dan merekamnya untuk kenangan :)

    ReplyDelete
  4. Bawa anak kecil naik pesawat bikin deg2an ya kuatir anaknya cranky minta turun XD

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter